Dukungan:
5
(7)

Zakat Maal Lazismu Jember

Tunaikan Zakat Sekarang!

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk merek. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Q.S At-Taubah:103)

Zakat wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Zakat dibagi menjadi dua yakni, zakat fitrah dan zakat maal serta diperuntukkan kepada 8 asnaf. Sedangkan besaran kadar zakat maal secara umum yang harus dikeluarkan adalah 2,5% (kecuali zakat pertanian).

Maal berasal dari kata bahasa Arab yang memiliki arti harta atau kekayaan (al-amwal, jamak dari kata maal). Menurut Islam, pengertian harta adalah sesuatu yang boleh atau dapat dimiliki dan digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Zakat maal berarti zakat yang dikenakan atas segala jenis harta yang secara zat maupun substansi perolehannya tidak bertentangan dengan syariat agama Islam.

Zakat maal meliputi simpanan kekayaan seperti uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, aset perdagangan, hasil barang tambang atau hasil laut, hasil sewa aset dan lain sebagainya.

Dukung aksi kami!

5 / 5. Total dukungan 7

Belum ada dukungan, jadilah yang pertama!